Kamis, 06 Agustus 2015

Gangguan Pendengaran pada Manusia

Gangguan telinga adalah sesuatu yang memang sebaiknya segera Anda bereskan tanpa ditunda-tunda lagi. Semua itu tentu ada alasannya, salah satunya karena telinga termasuk organ yang penting untuk menunjang aktivitas keseharian Anda. gangguan telinga bisa terjadi pada siapapun dengan tidak memandang gender dan lain-lainnya. Bagian-bagian dari telinga cukup sensitif, dan masing-masing bagian tersebut memiliki peran yang penting dalam menyediakan informasi bunyi kepada otak seseorang. Gangguan proses pendengaran ini dapat disebabkan oleh rusaknya bagian telinga tersebut, namun juga tak menutup kemungkinan karena bagian telinga sebelah luar yang mengalami gangguan. Bagian telinga dibagi menjadi tiga, yaitu bagian luar, tengah dan bagian dalam. Mari baca selengkapnya.


Agar Anda mengerti lebih jauh terkait masalah gangguan telinga lebih sempurna, Anda harus mengerti tentang anatomi dari telinga, Anda juga sebaiknya memahami bagaimana sistem kerja sistem pendengaran manusia. Di sini Anda dapat membaca gambaran atau penjelasan cukup mendetail mengenai itu semua.

Jenis gangguan telinga


Gangguan telinga bisa dibagi ke dalam beberapa jenis, terdapat empat jenis yang perlu untuk Anda ketahui. Jenis pertama merupakan jenis yang paling umum, jenis tersebut yakni gangguan pendengaran sensorineural. Gangguan yang satu ini merupakan gangguan karena beberapa sel rambut atau sel saraf ada yang rusak, dapat juga terjadi disebabkan oleh sel saraf yang hilang, di bagian dalam dari koklea. Jenis kedua gangguan telinga yakni gangguan pendengaran konduktif, gangguan ini menunjukkan adanya masalah di bagian telinga tengah dan juga bagian telinga luar, dan menyebabkan bunyi menjadi tak terhantar dengan tepat di telinga bagian dalam. Jenis yang ketiga yakni gangguan pendengaran campuran. Jenis ketiga ini merupakan gabungan gangguan pendengaran kesatu dan kedua, konduktif dan sensorineural. Dan tak lupa ada jenis gangguan pendengaran paling akhir, yaitu gangguan pendengaran saraf. Jenis yang terakhir ini terjadi ketika saraf auditori tak lagi dapat mengirim sinyal ke otak dengan sempurna.

Cedera pada kepala


Cedera pada kepala itu tidak hanya akan mempengaruhi otak seseorang, namun lebih dari itu. cedera kepala juga dapat mempengaruhi kesehatan telinga. Benturan cukup keras pada daerah kepala bisa mengakibatkan terjadinya perubahan struktur pada telinga bagian tengah seseorang. Karenanya benar-benar direkomendasikan untuk Anda memakai helm meskipun Anda hanya bersepeda saja, ini untuk menghindari benturan terjadi di kepala, khususnya jika Anda terjatuh.

Bagaimana mencegah gangguan telinga


Anda juga bisa menjalankan beberapa tips kami mengenai bagaimana mencegah gangguan telinga. Anda wajib menjaga agar telinga selalu bersih dan kering, ini merupakan hal yang vital untuk Anda lakukan. Karena dengan melakukan ini, maka telinga Anda akan terhindar dari infeksi jamur. Salah satunya adalah ketika Anda olahraga renang, Anda sebaiknya menggunakan penutup telinga saat berenang, dengan begitu air kotor tak akan masuk ke dalam telinga. Walaupun Anda berenang cukup sering. Anda tidak mengetahui air kolam itu terdapat kandungan apa saja, karena itu adalah kolam renang umum. Belum lagi jika kolam renangnya adalah kolam renang outdoor, di mana ketika hujan tiba, maka air hujan akan masuk langsung bersatu dengan air di kolam renang. Sebelum membersihkan telinga, Anda juga harus membiasakan mencuci tangan dahulu, sebaiknya jangan memakai cotton bud untuk mengeluarkan kotoran telinga. Sekian artikel tentang gangguan pendengaran pada manusia, semoga bermanfaat.

 Via

Tidak ada komentar:

Posting Komentar